Followers

Sabtu, 03 Maret 2012

KERANGKA KARANGAN NOVEL ARJUNA NGANGKUT BERAS

Bocoran lagi nih. Hehe. Dimana aku ingin meng-upload beberapa coretan-coretan yang pernah kubuat saat mengarang Novel Arjuna Ngangkut Beras.

Ternyata lumayan susah lho dulu. Karena hal pertama yang aku pikirkan adalah kekuatan daripada masing-masing karakter tokoh. Mau dibuat seperti apa 4 tokoh perempuan yang kubuat? Apakah seperti Novelnya Ayu Utami yang judulnya Saman?

Ohh, tentu tidak!!! Memalukan kalau aku harus menjadi seorang plagiat karya!!! :)

Tapi, yeah, kuakui kalau inspirasi Novel Arjuna Ngangkut Beras ini berasal dari Novel Saman. Karena dulu aku punya Novelnya dan sering kubaca berulang-ulang. Ehh, tahu-tahu, aku merasa ada yang ganjil dengan Novel itu. Maksudnya, alur yang terlalu cepat membuat beberapa peristiwa menjadi terlipat-lipat. 

Karena itulah, tiba-tiba saja muncul dalam benakku, ketika aku membaca buku itu berulang-ulang karena saking senengnya, sesuatu yang ganjil dan ingin kulampiaskan dalam sebuah karya. Yeah, kurasa aku harus menggali dan mengupas sesuatu yang telipat-lipat itu menjadi sebuah gambaran yang rada jelas--tentu saja dalam artian bukan menjadi plagiat karya sekali lagi, tapi membuatnya dalam karakter dan ciri khasku.

Memang begitu berat membuat Novel ini. Karena aku takut jika saja nanti ada banyak pembaca yang menyerbuku, gara-gara, kalau mereka mengira aku telah menjelek-jelekkan karya mbak Ayu Utami.

Tidak. Tidak. Aku tidak bermaksud demikian.

Aku menulis karya ini karena aku terlalu suka dengan karya Ayu Utami.
Jadi bukan bermaksud untuk melecehkan.

Adapaun nanti bagaimana komentar para pembaca, aku siap menanggungnya. :)

Berikut ini beberapa coretan tanganku, dari ide awal sampai akhir, walau cuma 2 biji hehe, bagaimana aku membuat Novel Arjuna Ngangkut Beras.

Siapa tahu berguna bagi teman-teman yang sedang belajar, kalau menulis itu tak harus selalu memakai komputer pertama kali. 
Cekidot:








































Kerangka karangan pertama, dimana aku sedang sibuk menentukan jalan cerita, alur, masalah apa yang harus aku jadikan topik utama, nama tempat-tempat yang seharusnya aku bikin lain daripada yang lain, dan sebagainya.

Tulisannya awut-awutan, haha, maklumlah, semenjak keluar dari sekolah, aku jarang sekali menulis lagi. Lebih enak mengetik pake komputer. Tik, tik, tik, hihi. Gurih. ^_^


























































Kalau yang ini kayaknya masih simpang siur mau digunakan apa tidak. Karena memang, ada beberapa planning yang harus dihapus dari jalan cerita, karena memang, hanya akan membikin bosan pembaca. :)

Sudah dulu ahh. 
Besok lagi.
Aku mau pulang kerja dulu.
Dadah, bye-byeee... muah! :-*

Luv U.

Tidak ada komentar:

TERTAWALAH SEBELUM TERTAWA ITU DILARANG!!!

Ning, nong, ning, glung, Pak Bayan...
Sego jagung ora doyan...
Iwak ingkung, enak'e...
Kesandung dingklek, aduh Mbok'e...
:D

Total Tayangan Halaman

Cari

Nek arep nggoleki lewat kene: